Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 16 Oktober 2013

Audit Syariah adalah....


Audit syariah adalah pemeriksaan laporan keuangan sebuah entitas yang melakukan akad-akad syariah, apakah sebuah entitas atau perusahaan tersebut sudah melakukan ketentuan-ketentuan sesuai dengan syariah atau belum. 
Dengan adanya pelaku auditor syariah fungsinya mampu memastikan mekanisme ataupun operasional suatu entitas agar sesuai dengan prinsip-prinsip syariah (Mohd Zamere & Nurmaezah, 2008, hlm 9). Di Indonesia, yang menjadi auditor syariah ada 2 pelaku yakni auditor dan BPS (Badan Pengawas Syariah).
Jika ada yang menanyakan apakah fungsi dari 2 pelaku tersebut bisa dijadikan satu pelaku saja, misalnya auditornya sekaligus memeriksa kesesuaian prinsip syariah pada sebuah entitas? Mungkin untuk sekarang belum ada, namun hal tersebut bisa saja terjadi jika memang nantinya dibutuhkan hal seperti itu.
Ada beberapa komponen untuk pengauditan syariah yaitu kesesuaian PSAK Syariah dan Fatwa DSN, Independen dan tidak ada pembatasan saat mengaudit.
Sedangkan tingkatan monitoring (audit) dalam islam ialah self monitoring (kontrol pribadi), internal monitoring (kontrol dari pihak internal) dan eksternal monitoring (kontrol dari pihak eksternal). Bisa disimpulkan bahwa audit dalam islam diawali dari pihak individu-individu sehingga ketika semua individu mampu mengontrol keinginan ataupun emosinal mereka dapat diminimalisir, selanjutnya untuk pihak internal dan eksternal akan lebih mudah untuk dikontrol dan dikendalikan. 
Sungguh, indah apabila hal ini bisa diterapkan oleh semua orang. Tidak hanya sebuah entitas yang melakukan akad-akad syariah. Bila terwujud, maka terciptalah pertumbuhan ekonomi yang pesat, lapangan kerja semakin bertambah dan masyarakat yang saling peduli.

Sumber...
Mohd Zamerey & Nurmaezah. 2008. Audit Syariah dalam Institusi Kewangan Islam di Malaysia. Jurnal Muamalat Bil.1. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2013. Alamat web http://www.islam.gov.my/muamalat/sites/default/files/jurnal_muamalat/2010/04/8_audit_syariah.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

 

Seberapa Pentingnya Asuransi Syariah bagi anda?

Blogger news

About